Minggu, 08 Januari 2012

PTK


.  JUDUL
Peningka tkan  Intera ksi  Pembela jaran  Melalui  Pendekatan  Kooperatif  Tipe
Jigsaw
Berbasis
Realistik
Pada Mata Pelajaran  PKn Kelas IV SDN  Wonosari 03 Kecamatan
Bawang Ka bupaten Batang.
B.  MATA PELAJARAN DAN BIDANG KAJIAN
Mata Pelajaran   : Pendidika n Kewarganegaraan
Bidang  Kajian  :  Peningkata n  Interaksi  Pembelajaran,  Pendekatan  Kooperatif
Tipe
Jigsaw
Berbasis
Realistik.
C.  PENDAHULUAN
1.  Latar belakang
Dalam  UU  RI  No.  20  Pasal  I  Tahun  2003  bahwa  pendidika n  bertujuan
untuk  mengembangkan  potensi  siswa  agar  menjadi  manusia  ya ng  beriman  dan
bertakwa kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa,  berakhlak  mulia,  sehat,  berilmu,  cakap,
kreatif,  mandiri  dan  menjadi  warga  Ne gara  yang  demokratis  serta  bertanggung
jawab.  Oleh  karena  itu  setiap  guru  dituntut  untuk  meningkatkan  kompetensi
siswanya  dalam setiap pembelajaran, kare na pada dasarnya  tujuan guru  mengajar
adalah untuk mengadakan perubahan yang dikehendaki dalam tingkah la ku siswa.
Pe raturan  Pemerintah  Nomor  19  Tahun  2005  tenta ng  Standar  Nasiona l
Pendidika n pasal  6 ayat  ( 1 ) menyatakan  bahwa  Struktur dan  Mua tan Kurikulum
Tingkat  Satuan  Pendidikan  (  KTSP  )  pada  jenjang  Pendidikan  Dasar  meliputi  5
kelompok  mata  pelajaran.  Salah  satunya  adalah  mata  pelajara n  pendidikan
kewarga negara an,  pendidikan  kewarganega raan  merupakan  kualifikasi
kemampuan  minimal  pesereta  didik  ya ng  menggambarka n  penguasaan,
pengetahuan,  keterampilan,  berpikir  se cara  kritis, rasional, dan kreatif  serta  sikap
positif  terhadap  berbangsa  dan  bernegara. Depdiknas  (2005)  menyata kan bahwa,
“Pendidika n  Kewarganegaraan  adalah  mata  pelajaran  yang  memfokuskan  pada
pembentukan  diri  yang  beragam  dari  segi  agama,  sosio-kultural,  bahasa,  usia,
2


suku  bangsa  untuk  menjadi  warga  negara  yang c erdas,  terampil,  dan berkarakter
yang dilandasi oleh Panc asila dan UUD 1945”.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar